Species Manusia

Homo sapiens, sebuah spesies primata dari golongan mamalia yang dilengkapi otak berkemampuan tinggi.
Manusia pertama diperkirakan adalah keturunan dari Homo erectus, ini menunjukkan bahwa migrasi manusia berasal dari Afrika. Melakukan perjalanan beribu-ribu kilometer sampai ke Asia.
Ini mirip dengan situasi dua juta tahun yang lalu, ketika 4 spesies hominid diketahui telah tinggal di Cekungan Turkana di Kenya, kata Dr Tattersall.

Apabila kita menyinggung ke masalah agama, Adam dan Hawa adalah manusia modern pertama (Homo sapiens), karena jauh ribuan tahun sebelum masa Adam dan Hawa ternyata telah ada sosok manusia yang menyebar di seluruh permukaan bumi ini, yaitu Homo erectus., Homo floresiensis, Homo neanderthalensis dan Homo denisova.
Lalu, benarkah setiap manusia yang pernah hidup di bumi berasal dari seorang ibu Hawa (Eva) Mitokondrial dan ayah Adam Kromosom Y yang hidup pada 200.000 tahun yang lalu di Afrika? Pertanyaan ini masih membuahkan kegelisahan para ahli untuk mengungkap jawaban yang memuaskan. Yang pasti sejumlah artefak dan fosil masa lalu, menunjukkan adanya migrasi umat manusia dari suatu tempat ke tempat yang lain. Dan setiap klan atau etnik telah hidup dalam milenia pada sebuah tempat hingga mengalami sejumlah mutasi budaya dan tunduk pada masing-masing dewa serta melahirkan mite-mite baru dalam kehidupan kelompok masing-masing.
Kepunahan species manusia dari family Hominidae, diperkirakan ada 3 tiga penyebab, yaitu :
  1. Akibat berinteraksi dengan hadirnya manusia yang lebih baru, terjadi persaingan dalam perebutan wilayah, sehingga harus menyingkir ke tempat-tempat yang lebih terpencil dan berbahaya serta melakukan perjalanan beribu-ribu mil. 
  2. Akibat tidak mampu beradaptasi terhadap perubahan iklim secara drastis. Berbeda dengan manusia modern (Homo sapiens) yang lebih mampu beradaptasi menghadapi perubahan iklim apapun.
  3. Akibat bencana alam atau proses pemusnahan oleh alam yang memusnahkan species apapun yang hidup pada masa itu.

Usia Family Hominidae dari Penemuan Fosil Pertama
Kera Berdiri Tegak
Sahelanthropus tchadensis        (7.000.000 tahun lalu)
Orrorin tugenensis                    (6.000.000 tahun lalu)
Ardipithecus kadabba               (5.600.000 tahun lalu)
Ardipithecus ramidus                (4.400.000 tahun lalu)
Kenyanthropus Platyops           (3.500.000 tahun lalu)
Manusia Kera
Australopithecus anamensis       (4.000.000 tahun lalu)
Australopithecus afarensis          (3.700.000 tahun lalu)
Australopithecus Bahrelghazali   (3.600.000 tahun lalu)
Australopithecus africanus          (3.000.000 tahun lalu)
Australopithecus garhi                (2.600.000 tahun lalu)
Australopithecus sediba             ( tahun lalu)
Paranthropus aethiopicus           (2.700.000 tahun lalu)
Paranthropus boisei                   (2.600.000 tahun lalu)
Paranthropus robustus               (2.000.000 tahun lalu)
Manusia Purba
Homo ergaster                          (2.500.000 tahun lalu)
Homo habilis                             (2.300.000 tahun lalu)
Homo rudolfensis                      (1.900.000 tahun lalu)
Homo erectus                           (1.800.000 tahun lalu)
Homo georgicus                        (1.800.000 tahun lalu)
Homo antecessor                      (1.200.000 tahun lalu)
Manusia Purba Baru
Homo heidelbergensis               (600.000 tahun lalu)
Homo cepranensis                    (500.000 tahun lalu)
Homo sapiens archaic               (400.000 tahun lalu)
Homo sapiens                           (200.000 tahun lalu)
Homo sapiens idaltu                  (160.000 tahun lalu)
Homo neanderthalensis             (130.000 tahun lalu)
Homo sapiens sapiens               (120.000 tahun lalu)
Homo floresiensis                      (94.000 tahun lalu)
Homo denisova                         (50.000 tahun lalu)


Kera Berdiri Tegak
- Sahelanthropus tchadensis


Family:      Hominidae
Genus:       Sahelanthropus, Brunet, 2002
Spesies:     Sahelanthropus tchadensis


Sahelanthropus tchadensis, adalah fosil kera yang hidup sekitar 7 juta tahun yang lalu. Spesies ini pernah diklaim sebagai nenek moyang tertua genus Homo (manusia)) yang pernah diketahui.




Orrorin tugenensis


Family:      Hominidae
Genus:       Orrorin, Senut et al. 2001
Species:     Orrorin tugenensis, Senut et al. 2001

Orrorin tugenensis dianggap fosil tertua kedua (setelah Sahelanthropus) dikenal (nenek moyang) yang mungkin berhubungan dengan manusia modern, dan itu adalah satu-satunya spesies yang digolongkan ke dalam genus Orrorin. Orrorin ini penting karena dapat menjadi bipedal purba awal. Penamaan diberikan oleh penemu yang menemukan fosil Orrorin di Perbukitan Tugen Kenya pada tahun 2000.
Dengan menganalisis pembusukan radiometrik (K-Ar kencan), paleomagnetism, dan biochronology usia spesimen telah diperkirakan 6.000.000 - 5.800.000 tahun. Saat ini, 20 fosil telah ditemukan di empat lokasi di Formasi Lukeino: ini, fosil-fosil di Cheboit dan Aragai adalah yang tertua (6.100.000 tahun, sedangkan di Kapsomin dan Kapcheberek usia fosilnya lebih muda.

- Ardipithecus kadabba
Tidak banyak yang diketahui tentang Ardipithecus kadabba, karena hanya diketahui dari gigi dan potongan-potongan tulang rangka. Fosil ini diperkirakan berumur sekitar 5,6 juta tahun yang lalu. Ini digambarkan sebagai "chronospecies kemungkinan" (yaitu nenek moyang) dari Ardipithecus.ramidus. Meskipun. awalnya sempat dianggap sebagai subspesies dari Ardipithecus ramidus. Pada tahun 2004 antropolog Yohannes Haile-Selassie, Gen Suwa, dan Tim D. White menerbitkan sebuah artikel mengangkat Ardipithecus kadabba ke tingkat spesies, dari dasar gigi yang baru ditemukan di Ethiopia. Gigi-gigi ini menunjukkan "morfologi primitif dan pola pakai" yang menunjukkan bahwa Ardipithecus kadabba adalah spesies yang berbeda dari Ardipithecus ramidus.

- Ardipithecus ramidus


Fosil ini berusia 4,4 juta tahun lalu, ditemukan di Afar di sungai lembah Tengah Awash dari Ethiopia.. Nama Ardipithecus ramidus berasal dari bahasa Afar. bahasa, di mana Ardi berarti "tanah/ lantai" dan ramid berarti "akar". Sedangkan pithecus berasal kata Yunani yang berarti "kera". Fosil memiliki ukuran otak lebih kecil dibandingkan dengan simpanse modern.
Ardipithecus ramidus memiliki otak kecil, berukuran antara 300 dan 350 cm3, Sebanding dengan ukuran otak simpanse betina umum, tetapi jauh lebih kecil daripada otak Australopithecus, dan sekitar 20% dari ukuran otak Homo sapiens modern. Seperti simpanse umum, Ardipithecus ramidus jauh lebih prognathic dari manusia modern.
Gigi taring tidak setajam simpanse umum modern. Kaki lebih cocok untuk berjalan.
Ardipithecus ramidus memiliki kemampuan berjalan yang lebih primitif dari hominid yang lebih baru, dan tidak bisa berjalan atau berlari untuk jarak yang jauh. Dari pola gigi sepertinya Ardipithecus ramidus adalah omnivora.


Manusia Kera
- Australopithecus Africanus


Ditemukan di desa Taung di sekitar Bechunaland ditemukan oleh Raymond Dart tahun 1924. Bagian tubuh yang ditemukan hanya fosil tengkorak kepala saja. Hidup antara 3 - 2 juta tahun yang lalu.









- Australopithecus afarensis
















- Paranthropus Robustus dan Paranthropus Transvaalensis
Dua penemuan tersebut ditemukan di daerah Amerika Selatan dengan ciri isi volume otak sekitar 600 cm kubik, hidup di lingkungan terbuka, serta memiliki tinggi badan kurang lebih 1,5 meter. Penemuan kedua fosil ini juga dikelompokkan kedalam kelompok Manusia Kera atau Kera Manusia.

Pithecanthropus erectus


Pithecanthropus erectus adalah fosil Hominidae yang pertama ditemukan. Pada awal penemuan, makhluk mirip manusia ini diberi nama ilmiah Pithecanthropus erectus oleh Eugène Dubois, pemimpin tim yang berhasil menemukan fosil tengkoraknya di Trinil pada tahun 1891. Perkiraan hidup di zaman pleistosin atau kira-kira 1.500.000 sampai 500.000 tahun yang lalu. Volume otak diperkirakan sekitar 770 - 1000 cm kubik. Bagian tulang-belulang fosil manusia purba yang ditemukan tersebut adalah tulang rahang, beberapa gigi, serta sebagian tulang tengkorak. Nama Pithecanthropus erectus sendiri berasal dari akar bahasa Yunani dan latin dan memiliki arti Kera Yang Dapat Berdiri.



Manusia Purba

Homo ergaster, Groves and Mazák, 1975
- Homo habilis
- Homo rudolfensis
- Homo erectus
Family: Hominidae
Genus: Homo
Species: Homo erectus, Dubois, 1892
Subspecies:
Homo erectus erectus Homo erectus yuanmouensis - Homo erectus lantianensis - Homo erectus wushanensis - Homo erectus nankinensis - Homo erectus pekinensis - Homo erectus palaeojavanicus - Homo erectus soloensis - Homo erectus tantazelensis
Homo erectus, diperkirakan melakukan perjalanan beribu-ribu kilometer meninggalkan Afrika sejak 4 - 2 juta tahun yang lalu.
Homo erectus tampaknya telah berevolusi di Afrika sekitar 1,8 juta tahun lalu. Pertama ke Asia dan kemudian ke Eropa migrasi. spesies punah terkadang kurang dari 0,5 juta tahun lalu. Ini waktu tempat antara Homo erectus dan Homo habilis dan penampilan awal Homo sapiens. Waktu migrasi keluar dari Afrika tidak diketahui. Kebanyakan sarjana setuju migrasi terjadi sekitar 1 juta tahun yang lalu tapi ada perdebatan tentang bagaimana terus jauh lebih awal dari ini telah dimulai.
Homo erectus memiliki kemampuan berburu, membuat alat untuk pembuat api serta mampu bertahan dalam kehidupan yang lebih kompleks.

Homo heidelbergensis

Family: Hominidae
Genus: Homo
Species: Homo heidelbergensis, Schoetensack, 1908
Ditemukan di Jerman, adalah spesies pada genus Homo yang telah punah yang mungkin merupakan nenek moyang langsung Homo neanderthalensis di Eropa. Bukti yang ditemukan mengenai Homo heidelbergensis berusia 600.000 hingga 400.000 tahun yang lalu. Juga ditemukan peralatan dari batu yang sangat dekat hubungannya dengan alat yang digunakan oleh Homo erectus.

Sinanthropus Pekinensis

Adalah manusia purba yang fosilnya ditemukan di gua naga daerah Peking negara Cina oleh Davidson Black dan Franz Weidenreich. Sinanthropus pekinensis dianggap bagian dari kelompok pithecanthropus karena memiliki ciri tubuh atau badan yang mirip, serta hidup di era zaman yang bersamaan. Sinanthropus pekinensis memiliki volume isi otak sekitar kurang lebih 900 sampai 1200 cm kubik.







Meganthropus Palaeojavanicus
Meganthropus adalah nama yang diberikan kepada penemuan rahang dan fragmen besar beberapa tengkorak dari Sangiran, Jawa Tengah. Nama ilmiah Meganthropus palaeojavanicus bersifat sementara, karena dianggap tidak valid, tetapi untuk nama genus Meganthropus tetap bertahan sebagai sesuatu dari sebuah julukan informal untuk fosil. Kebanyakan ahli paleoantropologi mempertimbangkan mereka masih terkait dengan Homo erectus dengan alasan adanya penggunaan alat mirip dengan Homo erectus. Namun kadang-kadang nama Homo palaeojavanicus dan Australopithecus palaeojavanicus kadang-kadang digunakan juga, ini menunjukkan ketidakpastian klasifikasi. 
Meganthropus A (Sangiran 6)
Ini fragmen rahang yang besar pertama kali ditemukan pada 1941 oleh von Koenigswald dan mengirimkan cast rahang kepada Franz Weidenreich. Weidenreich terpana dengan ukuran rahang tersebut, ini adalah rahang hominid terbesar, kira-kira sama ukurannya dengan gorila, tetapi memiliki bentuk yang berbeda. Weidenreich menganggap penemuan ini adalah gigantisme acromegalic, tapi membatalkan keputusannya karena tidak memiliki fitur khas. Weidenreich mengatakan itu duapertiga dari ukuran Gigantopithecus, yang dua kali lebih besar dari gorila, yang berukuran tinggi 2,44 m.
Meganthropus B (Sangiran 8)
Ini adalah penemuan fragmen rahang lain yang dijelaskan oleh Marks pada tahun 1953. Fosil ini lebih kecil dari spesimen Homo erectus. Spesimen ini memiliki ciri yang berbeda dengan Homo erectus.
Meganthropus C (Sangiran 33/BK 7905)
Ini fragmen rahang bawah yang ditemukan pada tahun 1979. Hubungannya dengan Meganthropus tampaknya menjadi yang paling lemah dan diragukan sebagai kelompok Meganthropus.
Meganthropus D
Penemuan ini oleh Sartono pada tahun 1993, dan diperkirakan berumur antara 1.400.000 sampai 900.000 tahun lalu. Fosil ini sedikit lebih kecil dari Meganthropus A, tetapi bentuknya sangat mirip. Sartono, Tyler, dan Krantz sepakat bahwa Meganthropus A dan D sangat mungkin representasi dari spesies yang sama.
Meganthropus I (Sangiran 27)
Tyler menggambarkan spesimen ini sebagai kranium yang hampir lengkap tapi hancur dalam batas ukuran Meganthropus dan diasumsikan ke dalam kelompok Homo erectus.
Meganthropus II (Sangiran 31)
Fosil ini oleh Tyler disimpulkan bahwa keluar dari kisaran normal Homo erectus. Tempurung kepala lebih dalam, lebih rendah berkubah, dan lebih luas daripada sebelumnya spesimen recovered.It memiliki sagittal crest ganda atau punggungan yang sama, dengan kapasitas tengkorak sekitar 800 - 1000cc. Tidak ada spesimen Homo erectus lain yang seperti ini.
Meganthropus III
Satu lagi penemuan fosil Meganthropus yang diberi nama Meganthropus III. Penelitian tentang fosil ini belum dijelaskan secara rinci. Oleh karena itu sampai saat ini pengklasifikasian Meganthropus masih banyak keraguan, karena dalam penemuan fosil sebagian besar telah rusak.
Meganthropus dalam klaim paling umum adalah bahwa Meganthropus adalah seorang raksasa, menempatkan Meganthropus pada ukuran tinggi 2,75 m dengan berat 340 sampai 450 kilogram. Weidenricht sempat berteori bahwa Meganthropus adalah keturunan dari Gigantopithecus sejenis Kera Purba Raksasa berukuran 3 meter.


Manusia Purba Baru
Kelompok manusia purba baru adalah yang kelompok manusia purba yang diperkirakan hidup pada masa akhir Neanderthal sampai masa awal hadirnya Homo sapiens (manusia modern).

1. Homo rhodensiensis, Woodward, 1921
Homo rhodesiensis, (menggunakan penentuan asam aminoracemiation) pada temuan fosil species ini, diperkirakan berumur 800.000 tahun yang lalu  (waktu sama dengan Homo erectus).





2. Homo heidelbergensis, Schoetensack, 1908
Homo heidelbergensis ("Heidelberg Man", dinamai oleh University of Heidelberg) adalah spesies punah dari genus Homo yang mungkin nenek moyang langsung dari Homo neanderthalensis dan Homo sapiens. Usia fosil antara 600.000 sampai 400.000 tahun yang lalu. Homo heidelbergensis memiliki peralatan alat batu,  sangat mirip dengan alat-alat Acheulean yang digunakan oleh Homo erectus.
Spesies ini berukuran tinggi 1,8 m rata-rata, dan lebih berotot daripada manusia modern. Laki-laki mungkin memiliki berat sekitar 100 kg. Menurut Profesor Lee Berger R. dari Universitas Witwatersrand, banyak tulang fosil yang menunjukkan beberapa populasi heidelbergensis adalah "raksasa" secara rutin lebih dari 2,13 m dan menghuni Afrika Selatan.

3. Homo cepranensis, Mallegni et al., 2003
Homo cepranensis, adalah nama sebuah spesies manusia, yang dikenal hanya dari satu tengkorak yang ditemukan pada tahun 1994. Fosil ini ditemukan oleh arkeolog Italo Biddittu dan dijuluki "Manusia Ceprano" di sebuah kota dekat di Provinsi Frosinone, 89 kilometer Tenggara Roma, Italia.
Usia fosil ini diperkirakan 500.000 tahun. Belum ada materi yang cukup untuk membuat analisis lengkap dari individu ini.

4. Homo sapiens archaic (Archaic Homo sapiens)
Homo sapiens archaic, adalah istilah yang untuk suatu fosil yang ditemukan, karena kedekatan dan kemiripan dengan bentuk Homo sapiens, secara anatomis hampir sama dengan Manusia Modern (Homo sapiens sapiens), dalam periode awal 400.000 tahun yang lalu.Istilah ini biasanya diambil untuk memasukkan Homo heidelbergensis, rhodesiensis Homo, Homo neanderthalensis dan kadang-kadang Homo antecessor. Manusia modern diyakini telah berevolusi dari Homo sapiens archaic, yang sebelumnya berevolusi dari Homo erectus. Varietas Homo sapiens archaic , diperkirakan termasuk dalam "Homo sapiens", karena ukuran otak mereka sangat mirip dengan manusia modern. Homo sapiens archaic memiliki ukuran otak rata-rata 1200-1400 sentimeter kubik, yang tumpang tindih dengan jangkauan manusia modern. Archaics dibedakan dari manusia modern secara anatomis dengan memiliki tengkorak tebal, tulang alis yang menonjol dan kurangnya dagu yang menonjol.
Manusia modern secara anatomis muncul dari sekitar 200.000 tahun lalu dan setelah 70.000 tahun yang lalu (bencana Toba) secara bertahap memarjinalkan varietas "archaic". Non-modern varietas Homo tertentu bertahan sampai 30.000 tahun yang lalu, mungkin masih bertahan sampai sekitar 10.000 tahun lalu.

5. Homo sapiens

6. Omo
Omo adalah penamaan untuk sebuah penemuan tulang Hominidae yang ditemukan antara 1967 dan 1974 di lokasi Kibish dekat Sungai Omo, Omo Taman Nasional di barat-selatan Ethiopia. Tulang-tulang itu ditemukan oleh tim ilmiah dari Museum Nasional Kenya, yang disutradarai oleh Richard Leakey dan lain-lain. 
- Omo 1, diperkirakan berumur sekitar 130.000 tahun yang lalu.
- Omo 2, diperkirakan berumur sekitar 195.000 tahun yang lalu
Dari dua penemuan tulang Hominidae yang diberi nama Omo 1 dan Omo 2 diatas, memunculkan sebuah teori dari RAO yang menyatakan bahwa Homo sapiens sapiens berevolusi bersama hominid lainnya untuk jangka waktu yang cukup sebelum hominid lainnya punah .

7. Homo sapiens idaltu

8. Homo sapiens sapiens

9. Homo sapiens sapiens

10. Homo floresiensis
Karena ukuran tubuhnya kerdil dijuluki "hobbit", yang tinggal di sebuah pulau di Liang Bua, Flores, hidup sekitar 94.000 sampai 18.000 tahun yang lalu. Sangat mengejutkan karena species Hominidae yang telah punah ini, sebenarnya pernah hidup sezaman dengan manusia modern.









11. Homo neanderthalensis
Awal paleoantropologi sebagai suatu disiplin ilmiah dimulai pada hari Agustus tahun 1856. Pada hari bahwa spesimen yang menjadi dikenal sebagai Neanderthal ditemukan di gua Feldhofer, di Lembah Neander, Jerman. Bahan itu ditemukan di sebuah tambang batu kapur di dekat kota Düsseldorf. Materi pulih terdiri dari songkok, dua femora, tiga tulang lengan kanan, dua tulang lengan kiri, bagian dari ilium kiri, dan fragmen dari skapula dan tulang rusuk. Fosil-fosil itu ditemukan oleh para pekerja tambang dan disisihkan untuk diberikan kepada seorang guru lokal dan naturalis amatir, Johann Karl Fuhlrott. Fuhlrott menduga bahwa tulang-tulang ini mewakili potongan-potongan yang unik dari masa lalu manusia, dan meninggalkan deskripsi bahan untuk anatomi Hermann Schaaffhausen. Penemuan fosil Homo neanderthalensis diperkirakan telah berusia 130.000 tahun. Temuan itu diumumkan bersama-sama pada tahun 1857, dua tahun sebelum Darwin On the Origin of Species.

12. Homo denisova
Yang ditemukan pada tahun 2008 di Goa Denisova, Siberia, menunjukkan orang-orang tersebut, biasa disebut Denisova, hidup antara 35.000 - 50.000 tahun yang lalu. Kajian menunjukkan homo denisova kawin dengan nenek moyang orang-orang yang sekarang hidup di Melanesia. Ini dibuktikan dengan temuan bahwa orang-orang Melanesia memiliki 4-6% DNA Denisova.



Klasifikasi Genus Homo 
Kerajaan:   Animalia
Filum:        Chordata
Kelas:       Mamalia
Ordo:        Primata
Famili:       Hominidae
Bangsa:     Hominini
Genus:       Homo, Linnaeus, 1758
Species:
Homo sapiens - Homo gautengensis - Homo habilis - Homo erectus - Homo antecessor - Homo ergaster - Homo heidelbergensis - Homo neanderthalensis - Homo floresiensis - Homo rudolfensis - Homo georgicus - Homo cepranensis - Homo rhodesiensis



sumber :
- Wikipedia
- Human Evolution
- Homo erectus
- Evolusi Manusia

13 comments:

  1. Katanya Teori Darwin, manusia berasal dari keturunan kera, tetapi baik ilmuwan maupun masyarakat saat ini menolak teori tersebut, karena setiap manusia diciptakan dari sang pencipta, nah dari data diatas dicantumkan fosil "manusia kera" yang dimulai dari Australopithecus anamensis sampai Paranthropus robustus. Yang dimaksud manusia kera itu apa? Kalau maksudnya manusia berasal dari keturunan kera, berarti teori Darwin itu benar dong?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ulasan di atas hanya berdasarkan pengamatan manusia biasa semata. Kita tahu pengetahuan manusia sangat terbatas dari apa yang diketahuinya saja. Jadi untuk ulasan tersebut di atas, hanya untuk sekedar perbandingan saja. Samasekali tidak untuk menentang ajaran-ajaran agama.
      trims ya pak .. atas kunjungannya
      Salam

      Delete
  2. teori yang dipertontonkan adalah teori dari barat. sebagai muslim saya percaya sejak nabi Adam diturunkan 8000 tahun yang lalu, manusia tidak pernah berevolusi kerana Allah sememangnya telah menciptakan manusia dalam rupabentuk sebegini. cuma yang berbeza antara manusia dahulu dan manusia moden mungkin saja saiznya. Manusia Adam dan keturunannya bukan khalifah pertama yang diturunkan ke bumi tetapi adalah khalifah terakhir yang diberi peranan mentadbir bumi. yang membezakan khalifah dari keturunan Adam dan khalifah dari keturunan sebelum Adam adalah aqal yang diberikan kepada kita menjadikan kita lebih mulia dari makhluk-makhluk Allah yang lain, sama ada yang masih hidup atau pun yang telah pupus. Fikir-fikirkanlah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pak anonim
      Menurut alkitab adam dibuamg ke bumi sekitar 8000 tahun sebelum kelahiran Kristus (Masehi),sedangkan para ilmuwan manusia modern (homo sapiens) hadir sekitar 200.000tahun yg lalu, yg artinya adam baru ada 200.000 tahun yg lalu.
      Nah sebelum adam sudah ada manusia yaitu manusia purba. Jadi adam bukan manusia pertama, tapi mamusia modern pertama.
      Ada sedikit perbedaan soal waktu antara agama dan sains tapi tidak bertentangan. Agama hanya mengurus manusia modern, dam tidak mengurus manusoa purba. Jadi biarlah saons yg mengurus manusia purba.
      Ckr !

      Delete
  3. Hadeh ngakak liat komenannya. Semangat ya bikin ini .membantu sekali

    ReplyDelete
  4. Hadeh ngakak liat komenannya. Semangat ya bikin ini .membantu sekali

    ReplyDelete

  5. SELAMAT DATANG DI WEBSITE KAMI WWW(dot)MEDIAQQ(Dot)COM

    Semuanya hanya ada di MEDIAQQ

    Kami menyediakan 7 jenis permainan ni:
    1. PLAY AduQ
    2. BANDAR POKER
    3. PLAY BANDARQ
    4. CAPSA SUSUN
    5. PLAY DOMINO 99
    6. PLAY POKER
    7. SAKONG

    Untuk masalah deposite dan withdraw kami minimal 15.000 ribu saja.
    Dengan 15.000 ribu saja sudah bisa bermain 7 game tersebut
    dan mencoba hoki masing-masing lo.
    Dan kami akan memproses Deposite dan Withdraw
    cuma dengan waktu kurang dari 5 menit, bagaimana cepat kan bosku.

    MEDIAQQ juga menyediakan layanan live chat 24 jam nonstop.
    Jika bosku mengalami kesulitan dalam mendaftar atau kurang mengerti.
    Anda dapat menghubungi kami melalui livechat,BBM,SKYPE atau pun Facebook.
    Kami akan siap 24 jam bosku untuk melayani anda
    dan mengatasi semua keluhan anda.

    Kami juga mempunyai macem-macem bonus bosku:
    1. BONUS TURN OVER 0.3%
    2. BONUS REFFERAL 20%

    yuk buruan daftarkan diri anda ke website kami di www(Dot)MEDIAQQ(Dot)com


    ReplyDelete
  6. 7Asiabet.com Merupakan Agen Bandar Taruhan Judi Bola Poker Online Terbaik

    Promo dari 7Asiabet.com sangat banyak dan menarik, diantaranya :

    1. Bonus Deposit 100% Member Baru (Sportsbook)

    2. Bonus Deposit Harian 5ribu

    3. Bonus Turn Over Poker 0.3%

    4. Bonus Turn Over Casino 0.8%

    5. Cashback Mix Parlay 100%

    6. Cashback Sportsbook 15%

    7. Bonus Referal 2.5%

    (Semua Promo yang Kami sediakan Syarat dan Ketentuan berlaku)

    Informasi Lebih Lanjut mohon Hubungi Livechat 24jam

    BBM 7Asiabet : DCBD13B3

    WA 7Asiabet : +855 81437992



    Agen Bola

    Judi Online

    Judi Bola

    Agen Judi




    Cerita Dewasa

    Cerita Sex

    Cerita Hot

    Cerita Basah

    Film Sex

    Film Semi

    Berita Sex

    Bokep



    Prediksi Bola

    Prediksi Togel

    Berita Bola

    Livescore

    ReplyDelete
  7. ayo bergabung diajoqq , silakan coba keberuntungan anda disini dan menangkan ratusan juta rupiah,hadiah menantikan
    anda silakan bergabung invite pin bb#58cd292c

    ReplyDelete
  8. ingin wujudkan impian anda , raih kesempatan dan menangkan ratusan juta rupiah hanya di ionqq,silakan invite
    pin bb#58ab14f5

    ReplyDelete
  9. Situs POKER paling menarik....
    Apalagi kalau bukan www,royalqq,poker
    Kini Hadir Game Terbaru ===>> GAME SAKONG
    Dengan didukung server terbaik...
    Sehingga permainan selalu lancar
    Paling rame, Paling fair, NO ROBOT, Murni Player vs Player
    Disinilah tempat berkumpulnya Master-Master Poker
    Deposit minimum Rp. 15.000
    Support Bank BCA, MANDIRI, BNI, BRI
    Salam ROYALQQ

    ReplyDelete
  10. Modal 20rb Bisa Dapat Jutaan Rupiah

    Pasti Gak Percaya?

    Gak Maksa sih, Tapi Kalau Pengen Ikutan Juga, cek DISINI aja

    ReplyDelete
  11. agen sabung ayam terbaik disini
    Bolavita Solusi tepat untuk meraih jutaan rupiah setiap hari nya

    ReplyDelete

komentar anda...

« »
« »
« »